7 Pantai Jember Yang Wajib Anda Kunjungi

1. Pantai Teluk Love


Nama Teluk Love tidak disematkan kepada destinasi ini tanpa sebab. Keunikan bentuk teluk seperti hati menjadi asal muasal penamaan teluk ini. Keunikan dan suasana di Teluk Love pun menjadikannya sebagai salah satu destinasi romantis favorit di Jember.

Teluk Love bersebelahan dengan Pantai Payangan. Namun tempat paling bagus untuk menikmatinya adalah di Bukit Suroyo. Letak bukit itu masih ada di kawasan Pantai Payangan. Nantinya bentuk hati Teluk Love akan terlihat jelas dari Bukit Suroyo. Keindahannya semakin mencuat dengan semilir angin dan panorama gugusan karang, serta latar belakang menawan seperti langit biru, awan putih, hingga barisan perbukitan Taman Nasional Meru Betiri.

2. Pantai Tanjung Papuma


Ke Jember rasanya belum lengkap kalau tidak berkunjung ke Tanjung Papuma. Destinasi ini adalah ikon Kabupaten Jember dengan keunikan dan ciri khas spesialnya yang berbeda dengan pantai lain di sini.

Pasir putih menjadi salah satu keunggulan Tanjung Papuma. Inilah destinasi yang dikunjungi oleh masyarakat Jember dan sekitarnya jika ingin menikmati keindahan pantai berpasir putih tanpa harus jauh-jauh pergi ke Bali atau Gunungkidul. Selain itu, panorama indah Tanjung Papuma juga seakan mampu membuat sejenak lupa diri jika destinasi itu masih ada di Jember. Keindahan dan suasananya sekilas mirip dengan pantai-pantai di Nusa Tenggara yang begitu memesona.

3. Pantai Watu Ulo


Lokasi Pantai Watu Ulo ada di sisi barat Pantai Payangan. Jika dilihat dari Payangan, Pantai Watu Ulo berada di ujung barat cekungan besar berpasir hitam. Jika kuat berjalan, Pantai Ulo bisa langsung dijangkau dari Payangan dengan mengikuti garis pantainya ke barat. Memandang sisi timur dari Pantai Watu Ulo menyajikan panorama cekungan besar yang melengkung sampai Payangan dengan garis pantai berwarna hitam. Pemandangan semakin indah dengan latar belakang barisan perbukitan di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Satu hal yang menjadikan Pantai Watu Ulo unik dan spesial adalah adanya batu memanjang yang mirip ular raksasa. Fenomena itu menjadi latar belakang penamaan Watu Ulo yang berarti batu ular. Kisah legenda pun turut membuat Pantai Watu Ulo semakin unik. Konon batu ini adalah bagian tubuh naga jahat bernama Nogo Rojo yang dikalahkan oleh Raden Mursodo. Dikisahkan bagian kepala naga ini ada di Banyuwangi, sementara ekornya ada di Pacitan.

4. Pantai Payangan


Terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Pantai Payangan menyajikan pesona panorama alam nan begitu indah. Hanya berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Jember, pantai ini cukup dekat dan mudah untuk dijangkau.

Memang Pantai Payangan memiliki pasir berwarna hitam. Namun hal itu tidak mengurangi keindahan yang tersaji di sini. Justru perpaduan pasir berwarna hitam dengan birunya air laut dan langit, serta putihnya ombak tampak begitu serasi. Keindahan Pantai Payangan juga tidak lepas dari bentang barisan perbukitan yang berdiri di sekelilingnya. Khususnya di sisi timur, perbukitan kawasan Taman Nasional Meru Betiri tampak begitu menawan.

5. Pantai Bandealit


Pantai Bandealit terletak desa Andongrejo, kecamatan Tempurejo, 60 kilometer arah selatan kota Jember. Pantai ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Oleh karena itu, disini juga bisa melihat hewan yang berkeliaran di sekitar lokasi.

Memiliki ombak yang tenang, pantai ini cocok untuk  melakukan berbagai kegiatan seperti body surfing, kano dan speedboat ataupun memancing. Selain melihat berbagai jenis burung dan rusa timor di penangkaran, ada koleksi koleksi bunga anggrek yang bisa dilihat di green house.

6. Pantai Paseban


Pantai Paseban terletak di kecamatan Kencong, 52 kilometer ke arah barat laut Kota Jember. Pantai yang memiliki ombak tenang ini, wisatawan bisa mandi di laut, berselancar santai, sun-bathing, memancing maupun voli pantai. 

Menikmati sunset di Pantai Paseban yang menawan tidak boleh disia-siakan begitu saja karena sunset di Pantai Paseban inilah yang membuat kebanyakan wisatawan terpesona. Selain menikmati sunset, wisatawan juga bisa melihat Pulau Nusa Barong di sisi selatan.

7. Pantai Puger


Pantai Puger termasuk salah satu pantai di Jember yang ramai dikunjungi.Terletak di desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, 40 kilometer arah barat laut kota Jember. 

Situs wisata yang terkenal dengan pasar lelang ikan ini dikenal sebagai desa nelayan, sehingga lokasi ini cocok bagi yang suka memancing. Selain melihat keindahan laut sambil memancing, bisa sekaligus menyaksikan aktivitas nelayan dengan perahu tradisionalnya di area pantai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Pantai Jember Yang Wajib Anda Kunjungi"

Post a Comment