Dusun Gudang Karang Desa Rambipuji

Kepala Dusun Parto Diharjo. Doc Arsip Desa Rambipuji.

Secara geografis Dusun Gudang Karang terletak dibagian utara Desa Rambipuji. Dusun ini berbatasan langsung dengan dua Desa yaitu Desa Rambigundam sebelah utara dan timur serta Desa Pecoro sebelah barat. Selain itu dihimpit dengan tiga Dusun yaitu Dusun Kaliputih sebelah Barat, Dusun Krajan serta Dusun Gudang Rejo sebelah selatan.

Warga Gudang Karang memiliki beragam profesi diantaranya pegawai swasta, pegawai negeri, pedagang, dan wiraswasta. Ini disebabkan karena perbedaan SDM yang dimiliki oleh warganya. Dusun ini juga merupakan lokasi pemakaman Mbah Puji dan Mbah Plecut. Dimana kedua tokoh tersebut digadang-gadang sebagai penemu atau babat alas pertama Desa Rambipuji.
Organisasi Pemuda Gudang Karang. Doc Bayu.

Wilayah Dusun terbagi menjadi 4 Rukun Warga (RW) dan 9 Rukun Tetangga (RT) dengan dipimpin oleh Kepala Dusun (Kasun) Parto Diharjo. Dalam hal organisasi lainnya, Dusun Gudang Karang memiliki karang taruna diantarnya Geliat Anak Muda bergerak dalam bidang wisata dan olah raga volly serta gerakan sosial lainnya. Disisih lain, ada organisasi yang bergerak dalam budaya ketradisional yaitu Maumere.
Makam Mbah Puji. Doc Bayu

Sektor wisata yang dimiliki Gudang Karang adalah wisata religi yaitu makam Mbah Puji dan Mbah Plecut. Dimana setiap malam Jum'at Legi diadakan ritual jawa serta doa-doa dan tasyakuran oleh warganya.
Karang Taruna Geliat Anak Muda Dalam Acara Game Pokemon Go.

Gudang Karang sendiri terkenal dengan Dusun Manuk dalam bahasa jawa. Karena, beberapa warganya telah sukses mengembangbiakan Burung Love Bird. Penjualannya beredar ke beberapa daerah yang ada di kawasan Jawa Timur.

Tambahan:
menurut sejarah kepemerintahan Desa Rambipuji mengenai Dusun, Gudang Karang mengalami pemecahan wilayah Dusun. Dimana Dusun tersebut dipecah menjadi dua Dusun yaitu Dusun Gudang Karang dan Dusun Gudang Rejo.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Dusun Gudang Karang Desa Rambipuji"