Dusun Curah Ancar Desa Rambipuji

Kepala Dusun Ibnu Fudori, S.Pd. Doc Admin Desa Rambipuji.

Dusun Curah Ancar terletak dibagian selatan Desa Rambipuji. Dusun ini berbatasan langsung dengan tiga Desa yaitu Desa Rowotamtu bagian selatan, Desa Pecoro bagian barat, dan Desa Kaliwining bagian timur. Selain itu, Dusun ini juga berbatasan dengan Dusun Kaliputih bagian barat dan utara serta Dusun Kidul Pasar bagian timur dan timur laut.

Dusun Curah Ancar memiliki struktur pemerintahan. Dimana Dusun ini dipimpin oleh Ibnu Fudori, S.Pd sebagai Kepala Dusun. Secara geografis Dusun Curah Ancar terbagi beberapa bagian. Dimana bagian tersebut terdiri dari lahan pertanian, pemukiman, dan perairan (sungai).
Gumuk Dempet Tempo Dulu. Doc Yadi

Melihat pembagian letak geografisnya, maka daratan Dusun Curah Ancar terbagi 5 RW (Rukun Warga) dan 16 RT (Rukun Tetangga) yang tersebar diselur wilayah Dusun. Selain itu, terdapat karang taruna OSCAR yang menggerakkan warganya untuk menciptakan suatu inovasi agar dapat mendongkrak kondisi ekonomi maupun eksistensi agar dapat dikenal di muka umum. OSCAR sendiri bergerak dalam bidang olah raga yaitu volly.
Gumuk Dempet Tempo Dulu Dipenuhi Semak Belukar. Doc Desa Rambipuji

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Dusun Curah Ancar terdapat wisata alam yaitu Gumuk Dempet dan komoditas pembuat tahu tempe. Secara sejarah maupun mitos, Gumuk Dempet memiliki historis yang cukup menegangkan. Pasalnya, warga Desa Rambipuji percaya bahwa wahana wisata Gumuk Dempet memiliki kemagisan yaitu adanya penunggu gaib berupa ular. Hal ini diperkuat dengan, isu ditemukannya Ular Piton berukuran besar di area Gumuk.
Tampilan Baru Gumuk Dempet. Doc Rizki Subbeh

Akan tetapi, Gumuk Dempet era dulu sudah berganti wajah dengan adanya beberapa perubahan terutama dalam hal fasilitas untuk mempercantik tampilan wisata alam tersebut. Gumuk yang terkenal magis dan dipenuhi semak belukar, kini berganti menjadi wahana bermain. Sebab, terdapat lapangan kecil, pendopo, dan gazebo mini serta garis pembatas kolam pemancingan.
Jembatan Gantung Penghubung Dusun Curah Ancar Kulon Kali dan Wetan Kali. Doc Rizki Subbeh

Disisi lain, Dusun Curah Ancar juga memiliki jembatan gantung untuk menghubungkan Curah Ancar Wetan Kali dan Kulon Kali. Tampilan dan desain jembatan gantung juga terbilang kekinian. Karena, dapat dijadikan sebagai lokasi berfoto bagi para pengunjung yang bersinggah ke Gumuk Dempet. Lokasinya sendiri hanya 1 km ke-arah barat dari Gumuk Dempet.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dusun Curah Ancar Desa Rambipuji"

Post a Comment